05 Juli 2021

Covid Itu Beneran Ada!!

 




Sesuai yang aku janjikan di postingan sebelumnya, kali ini aku bakal sharing tentang virus covid-19 yang sempat menimpa keluarga aku di awal tahun 2021 atau tepatnya di bulan Januari. Saat itu semua terjadi begitu cepat dan bikin aku kaget juga cuman ya harus 'chill' biar ga bikin panik orang di sekitar. Sharing ini bertujuan agar kalian yang baca bisa lebih aware kalau covid itu bener-bener ada dan bukan cuman sekedar penyakit yang bisa dimain-mainin atau parahnya ada yang bilang cuman sekedar konspirasi dari inilah-itulah blablabla. Plus aku juga bakal kasih tips/saran gimana bisa melalui masa isolasi mandiri tapi ini versi aku dan keluarga ya, jadi boleh dicoba atau boleh cari cara lain yang kalian percaya karena aku lihat kayaknya banyak banget di sosial media yang memberi testimonial/tips/saran ketika sedang terkena covid, kalian bisa coba yang mana aja karena namanya juga ikhtiar buat sembuh kan.

Okay, disini korbannya sendiri adalah orang dekat aku--jadi bukan aku yah sekali lagi bukan aku.. cuman treatment nya hampir sama aja karena aku termasuk orang yang kontak erat dengan pasien yang positif dan juga waktu itu aku lihat tiap hari kegiatan apa aja yang mereka lakukan, maka dari itu aku bisa sharing tentang pengalaman ini.

Bermula dari teman kerja kantor Mama yang positif covid dan setelah dapat kabar itu Mama pun besoknya (jumat) langsung inisiatif rapid antigen mandiri di klinik karena sempat interaksi langsung sama yang bersangkutan, waktu itu sih hasilnya non-reaktif ya.. tapi waktu itu Mama udah mulai merasa ga enak badan lebih tepatnya tenggorokannya panas tapi awalnya ga curiga karena Mama punya sariawan jadi ya dipikir tenggorokan panas beberapa hari belakangan cuman gara-gara efek sariawan kayak biasanya. Setelah itu Mama mulai ngerasa tenggorokannya gatal kayak orang mau batuk gitu pokoknya, lalu minumlah obat batuk yang biasanya dia minum.. tapi anehnya sudah minum obat batuk tapi malah ga sembuh-sembuh justru makin parah.

Hari Senin nya Puskesmas melakukan tracking di kantor Mama karena ada salah satu pegawai yang positif tadi, waktu itu Mama memberi tahu kepada petugas kalau tenggorokan dia ga enak rasanya panas + gatal dan disetujui lah Mama besoknya bakalan di swab sama petugas, butuh waktu 1 hari buat nunggu hasil swab nya jadi hari Rabu baru ada. Waktu itu aku, Mama, dan adek aku lagi makan siang bertiga di rumah, saat itu pula Mama memberi tahu kalau ternyata hasil swab dia positif covid-19 dan memberi pengertian ke kami harus di swab juga karena memang kita berada di satu rumah yang sama... jujur aku kaget sih cuman ya harus tetap tenang biar adik aku juga ikut tenang dan ga takut untuk di swab.

Keesokan harinya (kamis) kita bertiga swab (aku, adek, dan bapak), ini first time banget aku swab yang dicolokin di tenggorokan-hidung .. rasanya? awalnya sih kayak kaget gitu ya terutama di bagian hidung karena seumur-umur ada benda yang nyentuh di area yang ga pernah disentuh lol 😆 terus ya abis itu biasa aja ga sakit sama sekali namun ada efek sedikit gatel sih dan berujung bersin-bersin sampe pulang ke rumah. Keesokan harinya hasilnya pun keluar dan alhamdulillah banget aku dan bapak dinyatakan negatif covid-19 tapi adek ku ternyata positif, padahal yang paling nunjukin gejala itu aku sih karena waktu itu berapa hari badan aku meriang terus dan ada rasa ga enak di tenggorokan ditambah juga aku sering jalan-jalan (bandel mode on) dan adek aku itu selama pandemi jarrrrrang banget keluar rumah, dia cuman di kamar aja tapi ya mau cuman di rumah doang tetap ya virus bisa hinggap dengan cara ditularkan oleh orang yang sering aktivitas di luar rumah.. pelajaran banget itu guys! sayangi orang di sekitar kalian ya~ kalian sehat bukan cuman untuk diri sendiri tapi orang lain juga!!

Kebetulan dari hari dimana mama ku dinyatakan positif, rumah kita udah di lockdown 😂 dan kita pun ga boleh kemana-mana alias harus isolasi mandiri juga.. kenapa mama dan adek aku tetap di rumah ga di tempat karantina khusus? alasannya ya karena bapak aku ga mau, dan juga karena ya aku dan bapak sudah jadi orang yang kontak erat sama pasien positif jadi yaudah kita ber-4 di rumah aja isolasi mandiri nya apalagi kasian semisal mama harus karantina di tempat khusus dan jauh dari kita apa ga makin stres tuh? plus enak juga dia di rumah bisa ngedrakor dari pagi sampai malem haha. Oiya, alhamdulillah juga Mama & adek aku kondisinya ga yang sampai harus ke Rumah Sakit gitu, makanya masih bisa isolasi mandiri di rumah aja. Untuk makan sendiri kita selalu nitip-nitip ke orang dekat biar bisa dianterin gitu di depan pagar biar ga saling pegang dan banyak juga yang ngasih kita obat-obatan, vitamin, cemilan pokoknya segambreng-gambreng banyak banget sampai bingung ngabisinnya haha. Paling penting, di rumah pun kita semua pakai masker dan dilepas pas cuman mau tidur doang..hand sanitizer, cuci tangan, disinfektan selalu digunakan.. Mama dan adek aku sebisa mungkin ga sentuh benda-benda gitu dan kalau pun terpaksa mereka sentuh ya setelah itu kita semprot sama disinfektan.

Tiap pagi kalau ada cahaya matahari biarpun secuil doang kita gantian berjemur, btw waktu kita serumah kena musibah ini kebetulan ada bencana banjir parah di Kalsel 😭 hampir tiap hari ada hujan deras dengan durasi yang lumayan lama, bisa dari sore sampai pagi dan puncaknya sampai bikin banjir besar dimana-mana, sampai wilayah rumah aku yang udah ga pernah banjir jadi ikut-ikutan banjir juga... pokoknya parah banget banyak orang terdekat yang jadi korban air banjirnya sampai masuk rumah dan mereka harus mengungsi dan itu kejadian terjadi sampai berhari-hari padahal sudah ga hujan tapi debit air tetap masih ga menurun di beberapa lokasi, sampai masa isoman aku berakhir pun sempat melihat langsung ke lokasi-lokasi tersebut dan beneran separah itu dong.. karena tempat kami selama aku hidup disini ga pernah ada banjir yang kayak gitu parahnya.

Back to the topic, urusan obat covid kebetulan ada petugas dari puskesmas terdekat yang berkunjung sekaligus melakukan tracking ke rumah kami dan mereka juga ngasih obat ke Mama dan adek aku.. obatnya buanyakkk banget ga bisa aku sebutin satu-satu nama obatnya apa yang pasti ya yang fungsinya untuk anti virus, maag, antibiotik, vitamin ya gitulah pokoknya sampai aku aja ga hafal.. tapi obatnya ga sekaligus di konsumsi kok, mama dan adek aku minum obat sesuai keluhan yang dirasakan aja tapi kalau obat anti virus sih wajib. Selain obat yang dikasih sama PKM, ada juga obat yang disarankan oleh orang-orang ya namanya juga ikhtiar mau sembuh jadi ga ada salahnya dicoba juga. Buat aku dan Bapak sebagai orang yang kontak erat, kita juga benar-benar harus menjaga daya tahan tubuh, aku bakal list apa aja ikhtiar aku dalam menjaga/meningkatkan daya tahan tubuh, okay let's started.

1. Minum vitamin

Kenapa aku taruh vitamin no.1? ya karena emang penting banget, daya tahan tubuh/imun harus selalu terjaga biar ga rentan terhadap virus, karena aku pribadi capek dikit pasti gampang terserang virus terutama influenza. Aku waktu isolasi mandiri konsumsi imboost dan 2 hari sekali rutin minum vitamin c kayak you c-1000 atau yang sejenis lainnya (gabisa terlalu sering karena aku punya riwayat maag parah).

ini salah satu vitamin yang aku konsumsi rutin juga
lambung aku lebih menerima ini sih daripada you c wkwk
tapi aku juga konsumsi you c kok! cuman aku atur aja jadwal minumnya


2. Minum madu

Mengonsumsi madu bagus banget loh untuk kesehatan dan setauku Nabi pun menganjurkan untuk rutin mengonsumsi madu. Madu yang aku minum ada banyak jenisnya sesuai apa yang tersedia di rumah, bisa madu asli yang dijual orang perbotol, madu TJ yang original, sampai yang pricey yaitu clover honey dari HDI. Aku merekomendasikan buat kalian yang lagi masa isoman untuk beli clover honey dari HDI karena emang bagus banget! aku sekeluarga waktu itu dikirimin sama kerabat, awal coba sih rada aneh ya cuman ternyata lama-kelamaan ketagihan mana khasiatnya banyak & bagus.

ini clover honey dari HDI! bagus banget. ada butiran-butiran clover gitu
walau pricey tapi worth to buy!!


3. Minum susu 

Untuk menjaga tubuh sekaligus detox gitu aku rajin minum susu sehari 1x. Susu yang aku minum yaitu susu ultramilk yang kotakan terserah mau rasa apa karena Bapak dapat jatah dari kantor 2 dus kalau ga salah yaudah aku minum aja tiap malem biar ga enek sih aku akalin taruh dalam kulkas jadi bisa minum dingin-dingin seger. Oiya aku juga selingin minum susu beruang! entah 2 hari sekali/3 hari sekali.

4. Makan buah

Waktu itu kita nitip ke keluarga buat minta beliin buah kayak apel dan pear, buah yang emang kita sekeluarga suka. Jadi bapak aku rajin banget tuh kupas-kupas buah jadi sambil mama ku ngedrakor bisa sambil ngemil buah.

ini dia stock persediaan buah di rumah aku!
kita sekeluarga memang fans apel & pear


5. Sering cuci tangan, pakai hand sanitizer  & semprot disinfektan di area rumah

Pokoknya setelah melakukan kegiatan apapun terutama sebelum mau nyentuh area wajah. aku selalu cuci tangan pakai sabun dengan mengikuti arahan cuci tangan yang benar (kalian bisa cek di youtube ya gimana tutorialnya!), aku juga setelah cuci tangan selalu pakai hand sanitizer yang tersedia di rumah (btw, aku pakenya yang aseptic gel ukuran 500ml kalau ga salah(?) pokoknya pake pump gitchuu) dan hand sanitizer aku & Bapak berbeda dengan Mama & adek aku! alasannya biar kita ga menyentuh barang yang sama. Aku punya sedikit tips buat kalian yang punya problem kulit kering sampai kulit terkelupas karena keseringan pakai hand sanitizer.. habis pake hand sanitizer kalian bisa pakai hand cream yaa guys! merk apapun yang kalian mau terserah yah intinya sih bisa melembabkan, aku sempat kehabisan hand cream dan aku akalin pake handbody wkwk. Oiya jangan lupa juga sering-sering semprot disinfektan yaa terutama barang kayak uang & karpet, di rumah sih pake saniter yang spray biar gampang. Ini juga berlaku loh di kamar mandi/wc karena di rumah aku ga memungkinkan untuk berbagi area/pisahin ruangan itu jadi biasanya tiap Mama/adek keluar dari kamar mandi/wc sebisa mungkin aku/Bapak ga langsung masuk alias di diemin dulu terus disemprot juga pakai disinfektan. Btw untuk makan sendiri aku & Bapak bener-bener full menyiapkan tetek bengeknya wkwk pokoknya ga boleh tuh Mama & adek aku pegang-pegang barang.

ini sebagian stock saniter spray di rumah aku! wkwk
aku pernah liat di alfa/indo ada kok jadi mudah untuk ditemukan


6. Selalu pakai masker

Walaupun aku kebanyakan di kamar tetep aja harus pake masker! kebayang gak sih, aku dulunya gerah banget pake masker eh waktu isoman aku mau ga mau harus full pake masker mau kemana pun di area rumah, sampe aku ga berasa gerah lagi alias udah pw wkwk, bahkan setelah masa isoman berakhir aku kayak ga terbiasa kalau di rumah ga pake masker lol.

-----

Segitu aja sih yang bisa aku ceritain, pokoknya buat kalian yang sedang menjalani masa isoman, jangan patah semangat ya! jangan stres! bawa happy & enjoy biar imun kalian naik lagi, kuat lagi. Inti dari semua itu ya jangan stres karena mau gimana pun kalau kalian stres yang ada imun kalian tambah lemah dan bakalan mudah tuh terserang penyakit. Jangan lupa pola hidup sehatnya tetap diterapkan yah! di masa kayak gini tuh kalian menjaga kesehatan bukan hanya untuk diri kalian sendiri lagi, tapi juga untuk orang tersayang, lingkungan sekitar sampai orang banyak loh. Positif covid juga bukan sebuah aib! inget baik-baik yah, jangan cibir/bully/ngucilin orang-orang yang lagi berjuang keras untuk sembuh dari covid. 

Btw, aku kebetulan sudah vaksin untuk covid-19.. gimana kalau aku ceritain tentang pengalaman aku vaksin juga???? HEHEHE SOON YAHHH ❤❤


With Luv,

Tyaa


2 komentar:

  1. beli saniter spray berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii maaf bgt baru balas, kalau ga salah ga nyampe 30k ya^^ coba cek alfa/indo terdekat

      Hapus