24 Februari 2018

Jatuh Bangun Ingin Kuliah (Part 2)

Sebelumnya... 

Dannn yahhh aku udah bisa menduga hasil SBMPTN aku apa? Udah pasti gagallll!!! Tapi kali ini aku pasrah aja ga stres ga sedih ga hepi. 
( baca selengkapnya Jatuh Bangun Ingin Kuliah (Part 1) )

👋 

Setelah kegagalan SBMPTN itu aku jadi santai aja udah kaya pasrah mau kuliah apa ngga yaudah lah ya aku pikir. Tapi mama aku tetep maksa aku buat kuliah dan sebenarnya masih ada cara masuk kuliah selain berharap dengan SNMPTN dan berjuang di SBMPTN, yaitu jalur mandiri/ujian tulis/jalur utama atau apapun itu namanya. Aku langsung disuruh mama cari info terkait jadwal-jadwal UTUL di berbagai Univesitas. Aku sebenarnya masih berharap kuliah di Jawa, aku sempat mau daftar UII Yogyakarta namun setelah lihat rincian biaya kuliahnya aku langsung ciut :') aku juga sempat ingin daftar UTUL UGM dan sudah melihat daftar biaya kuliah melalui jalur tertulis di UGM, ada juga daftar biaya kuliah di UB, UNAIR, UNM dan sayangnya Universitas di Pulau Jawa biaya kuliahnya ada biaya gedung gitu untuk pertama kali masuknya dan itu lumayan mahal. Kata mama mending di Banjar aja, kasian orang tua akan terbebani dengan biaya 2x lipat (biaya hidup & biaya spp). Sebenarnya aku dan orang tua sudah ada perjanjian sejak lama yang intinya aku boleh kuliah di Jawa asalkan melalui jalur undangan. Dan karena perjanjian itu aku jadi batal mengajukan berkas rapor semester 1-6 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang kala itu membuka pendaftaran menggunakan jalur rapor.

🌪

Sehari sebelum aku didaftarkan mama untuk mendaftar jalur UTAMA UNLAM, aku memberitahu mama kalau aku mau daftar UNY ehhh ternyata emang rezeki mama, aku baru sadar pendaftaran UNY itu sudah berakhir 1 hari yang lalu :") yasudah akhirnya aku pasrah dan menerima kalau aku emang ga rezeki kuliah di Jawa. Aku pun daftar jalur UTAMA UNLAM sama Andri (om aku) yang kebetulan saat itu dia juga ngurus mau daftar masuk TNI. Untuk urusan pilihan aku bener-bener udah pasrah semuanya semau mama, mama yang menentukan pilihan 1 Ilmu Hukum dan pilihan 2 Ilmu Komunikasi. Mama bilang alasan dia untuk nyuruh aku ngambil Ilmu Hukum biar bisa jadi PNS dan mudah mencari pekerjaan karena semua hal membutuhkan pekerja di bidang hukum dan juga karena mau aku bisa melanjutkan apa yang ditekuni sama Mbah Kakung dan Lek Dodo yaitu bekerja di bidang hukum.
🌊

Selama sebelum hari ujian aku belajar kok, tapi belajar-belajar santai aja karena udah kayak gaada gairah(?) dan aku juga udah tau model soalnya mirip-mirip sama SBMPTN jadi aku udah kebelet males belajar, paling cuman belajar psikotesnya doang. Dan yang bener aja soal UTAMA sangat berbanding jauh dengan soal SBMPTN, soal UTAMA lebih mudah pokoknya dibanding SBMPTN. Oiya selama tes SBMPTN sampe UTAMA aku sama sekali ga punya teman :") aku sendirian aja eh tapi waktu SBMPTN ada lili yang sama-sama dari smasix juga tapi itupun kita ketemunya pas istirahat aja :( dan saat UTAMA bener-bener aku sendirian kayak anak kecil linglung sedih dan iri liat orang-orang bergerombol dengan kubunya masing-masing :( habis selesai ujian aku buru-buru minta jemput Andri, dah gitu aja gaada yang berkesan pokoknya di setiap ujian yang aku jalani malahan suram :(

🏂 

Dan pengumuman UTAMA pun udah dekat tinggal menghitung hari, tapiiii aku baru tau kalo pengumumannya dimajukan dan itupun taunya gara-gara teman Bapak yang ngasih tau karena anaknya juga sama-sama ikut UTAMA. Nah kalo ga salah dia nelfon Bapak dan ngasih tau kalau malam ini jam 12 pengumumannya. Whatt? Aku heboh excited dan nervous, aku juga langsung share beritanya ke grup kelas aku SMA karena teman-teman aku juga ada yang ikut UTAMA. Nah udah jam nya tuh dan aku bismillah aja buka websitenya dan alhamdulillah aku seneng karena dinyatakan lulus di Ilmu Hukum UNLAM dan aku berkaca-kaca :") kebetulan mama aku juga sengaja ga tidur nemenin aku sampai pengumumannya keluar dan mama pun ikutan seneng pas aku kasih tau.

🏆

Oiya, alhamdulillah nya lagi aku punya temen yang bener-bener akrab dari SMA kelas 10 yang juga keterima di FH yaitu Ryan Iboom wkwk. Dan di awal-awal ngurus segala macam kita berdua karena emang kita juga gaada temen yang lain 1 SMA yang lulus di FH selain Shinta yang udah duluan keterima jalur SNMPTN. Sampai Pra P2B dan P2B aku bareng sama Ryan berangkatnya dan riweuh-riweuhnya wkwk. Tapi sayang dari semester 1 sampai semester ini (semester 4) kita ga pernah sekalipun 1 kelas :(

⌛️

Pesan dari aku, kita ga akan pernah tau usaha keberapa yang akan berhasil, dan jangan gampang menyerah untuk mencoba bangkit jika sedang terjatuh. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang rajin berusaha dan selalu berdoa.

With love
Tyaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar