04 Agustus 2020

Pengalaman Pertama Kali Operasi Part I : Kok Bisa Operasi?




Kali ini aku bakal berbagi kisah yang sedikit mengerikan bagi sebagian orang karena sudah bisa dilihat dari judulnya kan? iya, aku bakal ceritain gimana pengalaman pertama kali aku operasi. Mungkin sebagian orang juga ada yang penasaran hehe dan ini murni yaa bukan di bikin-bikin atau di dramatisir.

Awal mula dari segala cerita adalah ketika perut aku sakit banget, iya serius sakitnya kayak mau mens (mungkin kalian yang cewe bisa bayangin ya hehe) padahal waktu itu jadwal mens aku udah dan untuk ke mens selanjutnya masih lama. Frekuensi sakitnya lumayan.. dan kemudian aku sadar sakitnya itu di daerah perut bawah sebelah kanan persis sakit biasanya yang aku alamin juga yaitu Maag. Yaudah, seperti biasa aku coba minum obat Maag yang emang aku sering minum (btw Maag aku udah sering kambuh dan udah terbilang Maag lumayan parah gitu lah) terus setelah minum obat kok ga berkurang sakitnya padahal biasanya setelah minum obat sakitnya bisa hilang. Kemudian aku coba minum obat kembung yang biasanya ampuh banget buat mengusir perut kembung aku (karena waktu itu perut aku juga ikut kembung guys dan aku gabisa BAB berhari-hari) dan hasilnya nihil padahal udah minum berapa pil tetap ga mempan. Isenglah aku cek google kan cari tau ini sakitnya apa dan hasilnya itu serem-serem loh wkwk. Tapi dugaan aku mengarah pada usus buntu... tapi yang bikin aku takut sebenarnya karena sakitnya itu di perut bagian kanan bawah, aku jadi mikir aneh-aneh siapa tau penyakitnya ini berhubungan dengan rahim... jadi parno sendiri, saran ku kalau kalian ngerasa sakit gitu jangan cari tau di google ya, siapa tau kalian bakal mendiagnosa diri kalian sendiri dan ujung-ujungnya bakal stres! bahaya.

Pada tanggal 19 Juni 2020, siangnya aku nanya ke grup WA yang isinya temen kuliah dan Aldo yang respon saat itu punya temen anak Fakultas Kedokteran dan aku minta buat nanyain ke temennya perihal sakit perutku itu. Temen Aldo pun ngasih beberapa referensi untuk menduga-duga penyakitnya sampe ngirimin video tutorial buat cek pasien usus buntu menggunakan boneka, dan aku ikutin lah tutorial itu minta bantuan sama Mbak Sri, oiya btw aku juga malam sebelumnya sempat minta kerokin Mbak Sri karena aku ngerasa sakitnya ini karena masuk angin wkwk (jangan ditiru ya guys katanya kerokan itu ga baik kan?) terus kita cobain tutorial tadi dan bener ketika ikutin yang ada di video tadi sakit banget guys, aku bilang lah hasilnya ke Aldo kalau sakit, dan temen Aldo tadi + temen-temen FK dia juga menduga bahwa aku kena peradangan usus buntu. Mereka pun menyarankan aku buat periksa ke dokter untuk lebih jelasnya.

Kemudian sore nya aku ngasih tau ke Mama tentang sakit aku yang ga kunjung sembuh ini dan aku juga cerita dugaan aku kena peradangan usus buntu, akhirnya Mama cerita ke Bapak dan malamnya aku diajak Bapak ke dokter keluarga/bpjs gitu. Pergilah kami kesana, kebetulan dokternya adalah temen akrab Bapak ku, beliau nanya ke aku tentang keluhan ku apa yaudah aku kasih tau to the point aja sakit perut bagian kanan bawah dan dokternya nanya-nanya tentang mens aku teratur apa ga dan mens aku itu teratur-teratur aja, dan dia suruh aku buat rebahan untuk di cek dan cara cek nya mirip banget sama tutorial video yang dikirim sama temen Aldo tadi. Ketika selesai di cek dokternya bilang kemungkinan besar aku emang kena peradangan usus buntu tapi mungkin juga ada masalah di rahim/saluran kencing.  Dokter juga nanya apa aku sering makan cabe? iyaa emang aku sering banget dan se-gila itu kalau makan cabe apalagi aku doyan banget sama seblak dan taichan dan dokternya pun sudah menduga hal itu dan dia bilang untuk lebih jelasnya aku harus USG di rumah sakit rujukan untuk tau detail penyakit aku dan harus periksa di dokter penyakit dalam di rumah sakit itu. Alhamdulillah keesokan harinya emang dokter penyakit dalam rujukan dokter keluarga ku itu ada jadwal jadi cepatlah proses penanganannya. Kebetulan Bapak memilih rs baru yang ada di Banjarmasin, alasannya adalah karena bpjs ku bisa terpakai disana, dan juga dekat dengan kantor Bapak.

Selanjutnya ada di Part II yaa tunggu aja :p see you!


With Luv,
Tyaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar